2011/06/25

kare rice 「カレー ライス」 (darurat)

yuhuuuu!!!
saya kembali menulis.

Sekarang aku mau bagi2 resep masakan nih. Alkisah, aku dan pacar ku tersayang kepengen makan kare rice dan kita memutuskan untuk masak kare sendiri. Setelah pencarian di internet ktnya bumbu kare instant yang enak itu S&B golden curry.



Rabu,22 juni 2011

Aku dan pacarku tersayang itu pergi ke ca****** buat nyari tu bumbu,kita pikir disana ada,klo ga ada tadi gw menyarankan beli di kamome,Blok M. konon ktanya dijual disana. Tapi apa mau dikata sang pacar ogah jalan jauh2. Udah ngoprak-ngaprik lorong bumbu tapi ga ada yang dicari. Daripada niat suci gagal kita mutusin untuk menerka sendiri apa bumbu yang bisa kita pke.

Beberapa menit kembali menyusuri lorong bagian bumbu, sambil mikir,ini bisa ga ya?ini rasanya kya apa?apa yang mesti di tambahin ya? Akhirnya pencarian kita tidak sia-sia. Aku dan pacarku berhasil menebak2 bumbu yang ada dan pulang kerumah.



Kamis,23 juni 2011

berbekal bumbu seadanya,kami mulai memasak kare rice. Memotong, mencincang, menggiling, menumis, merebus dan mencemplungkan semua bumbu yang kita punya. setelah mencicip-cicipi. Hmmm...rasanya ga beda jauh sma kare beneran.

kebetulan hari itu mama ku juga lagi bikin pudding coklat super enak dan pacar ku datang kerumah bawa sebotol soft drink. Indahnya hidup.


Karena bisa dibilang berhasil, aku mau bagi-bagi resep kare rice-nya nih..

aku ga tau ukuran pastinya, jadi dikira-kira sendiri aja ya..
  • daging sapi, iris tipis
  • wortel,potong dadu
  • kentang,potong dadu
  • buncis
  • daun bawang
  • air, jangan terlalu bnyak
  • bumbu kari bubuk yang pke botol plastik, masukin aja 1 botol
  • pasta tomat kalengan, masukin 1 kaleng
  • cabe merah,klo mau tambahin cabe rawit biar pedes juga boleh, digiling halus
  • jahe, potong tipis2
  • bawang putih, cincang halus
  • bawang bombai, cincang halus
  • soy sauce atau kecap asin
  • garam
  • tepung maizena

cara memasak :
  1. rebus daging supaya menjadi kaldu dan empuk.
  2. pisahkan daging dari air rebusan.
  3. tumis,bawang putih,bawang bombai,cabe merah. setelah harum masukkan juga wortel, kentang, buncis, dan daging. Aduk rata.
  4. masukkan pasta tomat kedalam tumisan. Aduk rata.
  5. panaskan lagi air kaldu tadi,masukan semua tumisan kedalam air kaldu.
  6. masukkan bumbu kari, garam, soy sauce, jahe. Aduk rata.
  7. tunggu hingga sayuran menjadi empuk.
  8. masukkan tepung maizena yang sudah dilarutkan. Aduk hingga mengental.
  9. masukkan daun bawang.


Kare rice darurat siap disantap. Dijamin enak deh..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar